Pemdes Girimulya Laksanakan Musdes RKPDes 2021

Bansos Covid 19 diperpanjang sampai dengan Desember tapi dipangkas besarannya
Juli 23, 2020
BPD Girimulya Laksanakan MUSDES Tahapan Awal Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang Satu 2020
Agustus 6, 2020

Girimulya Pemerintah Desa Girimulya Kecamatan Cibungbulang, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) 2021. Penyusunan RKPDes 2021, diadakan di Aula Kantor Desa Girimulya, Kamis (30/07/2020).

Musdes RKPDes yang diinisiasi oleh BPD Girimulya dengan fasilitasi Pemdes Girimulya ini dihadiri oleh Perwakilan dari Kecamatan, Pj. Kepala Desa Girimulya, Bhabinkamtibmas Desa Girimulya, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Pendamping TKSK Ketua dan Anggota BPD, Ketua MUI Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tim penggerak PKK, LPM, perwakilan pendidikan dan kesehatan, BUMDes, Posyandu, Bidan Desa, Kader KPM, Karang Taruna serta tokoh lainnya.

Dalam sambutannya Pj. Kepala Desa Girimulya Asep Sukardi memaparkan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2020 semester 1 atau mulai 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2020 berdasarkan data  data yang tercatat dalam siskuedes online 2020. Asep menyatakan bahwasanya pemerintah desa saat ini sudah melaksanakan asas keterbukaan informasi publik bagi masyarakat desa dan lainnya. Dana yang masuk di desa adalah uang rakyat tidak ada yang di tutupi. 

“Kita transparan untuk masyarakat apa yang kita rencanakan harus dengan usulan masyarakat”, begitupun kondisi keuangan desa ke depan masyarakat bisa mengaksesnya baik di media papan informasi desa melalui banner APBDes dan Realisasi yang telah dipasang di kantor desa, melalui webiste maupun medsos yang telah disediakan Pemdes sebagai wahana keterbukaan publik dan sarana saran kritik maupun gagasan dari masyarakat, terang Asep Sukardi. Selanjutnya karena saat ini (26 Juli s.d 9 Agustus) sudah masuk tahapan awal pembentukan Panitia Pilkades dan Penetapan Jumlah TPS, Asep juga berpesan untuk terus menjaga kondusifitas serta kerukunan diantara masyarakat.

“Jangan sampai perbedaan pendapat dan pilihan kedepannya membuat hubungan masyarakat menjadi pecah dan mengganggu stabilitas kerukunan, percayalah bahwa siapapun nanti yang akan terpilih menjadi pemimpin Girimulya pada 15 Nopember 2020 nanti, itu adalah takdir terbaik dari Alloh dan harus diterima oleh masyarakat Girimulya dengan lapang dada dan berbesar hati” tegasnya.

Sementara itu Ketua BPD Girimulya, Ahmad Maturidi, M.Pd dalam sambutannya juga tak berbeda jauh dengan apa yang disampaikan Pj. Kepala Desa.“Bahwa kegiatan Musdes ini adalah tindak lanjut dari pelaksanaan Musdus di tiga wilayah Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya, untuk menghimpun dan merekap usulan-usulan yang masuk dari warga masyarakat, yang selanjutnya akan dimasukan dalam rancangan RKPDes 2021”, ujar Ketua BPD yang juga merupakan praktisi pendidikan di Kecamatan Cibungbulang tersebut.

Sementara untuk harapan serta himbauan tentang pelaksanaan tahapan Pilkades, Ahmad Maturidi menjelaskan bahwa saat ini BPD sedang melaksanakan seleksi untuk pengisian Panpilkades melalui anggota BPD di masing-masing perwakilannya, serta telah melaksanakan rapat intern terkait pemetaan titik TPS tersebar untuk pelaksanaannya nanti, semua bahasan tersebut akan dimusdeskan kembali pada Kamis 6 Agustus 2020 mendatang”, ujarnya.

Adapun rancangan RKPDes 2021 disampaikan oleh Sekretaris Desa Girimulya, Endang Sutisna dan dibantu oleh Ketua LPM Desa Girimulya, Najib Najmudin, S.Pd. Seluruh dokumen tersebut akan dibawa dalam rapat perumusan RKPDes yang disusun oleh Tim Perumus RKPDes yang diketuai oleh Sekretaris Desa dan disampaikan kembali dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2021 yang jadwalnya di sekitar bulan September 2020 mendatang.

MUSdes ini juga di hadiri dan fasilitasi oleh PLD dan PD Kecamatan Cibungbulang, dalam arahannya Pendaming Lokal Desa (PLD), Bambang, menjelaskan “Musdes ini sangat penting dan agar dapat di manfaatkan masyarakat, banyak usulan dan masukan dari masyarakat yang dimasukan di RKPDes Tahun anggaran 2021, terangnya.

Acara Musyawarah desa yang dimulai pagi hingga siang waktu setempat berjalan lancar, dinamika rapat terlihat dengan munculnya berbagai usulan serta tanya jawab yang muncul dari peserta rapat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan