BPD Girimulya Laksanakan MUSDES Tahapan Awal Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang Satu 2020

Pemdes Girimulya Laksanakan Musdes RKPDes 2021
Agustus 3, 2020
Pj. Kades Girimulya Meminta Warga Tetap Patuhi Protokol Kesehatan di masa PSBB
Agustus 7, 2020

Girimulya – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Girimulya melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Pembagian Wilayah Pemungutan Suara dan Penetapan Lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Girimulya. Kegiatan ini merupakan bagian awal tahapan Pilkades serentak Kabupaten Bogor yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 15 November 2020 mendatang. Kegiatan diselenggarakan dengan tetap memperhatian protokol kesehatan yang diawali dengan cek suhu badan, penyediaan hand sanitizer dan tempat cuci tangan, jaga jarak dan setiap peserta wajib mengenakan masker.

Acara ini diselenggarakan di aula Kantor Desa Girimulya, pada hari Kamis (06/08/2020) mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB yang dipandu oleh Ketua BPD Girimulya, Ahmad Maturidi, M.Pd. Hadir sebagai peserta Musdes ini adalah unsur dari Kecamatan dan Muspika Kecamatan Cibungbulang selaku Panpilkades Tingkat Kecamatan, Pj. Kades Girimulya, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RW dan RT, Kepala Dusun, Perangkat Desa, LPM, PKK, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan desa lainnya.

Ketua BPD Girimulya, Ahmad Maturidi, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa petunjuk teknis dalam pembentukan panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun 2020 di desa Girimulya ini mengacu pada Surat Edaran Bupati Bogor Nomor 141.1/483-DPMD/2020 tanggal 22 Juli 2020 tentang Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2020. Proses pengumuman dan rekrutmen serta seleksinya sudah dimulai dan disebarkan informasinya mulai tanggal 30 Juli sampai dengan tanggal 4 Agustus yang lalu, sementara untuk pembagian wilayah pemilihan serta penentuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) prosesnya sudah mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Juli s.d 4 Agustus atau sehari setelah menerima informasi dari Panpilkades Tingkat Kecamatan.

“Penyusunan pembentukan panitia Pilkades Girimulya ini terdiri dari tiga unsur yang terdiri dari unsur perangkat desa, unsur lembaga kemasyarakatan desa dan tokoh masyarakat, komposisi personil juga kita mixed antara yang sudah berpengalaman dan wajah-wajah baru yang potensial dan muda guna kepentingan regenerasi serta memperhatikan dan mengakomodir keterwakialn wilayah dusun yang ada, pun beliau berharap Musdes Pembagian Wilayah dan Penetapan TPS serta Pembentukan Panitia Pilkades ini dapat berjalan dengan lancar dan mencapai kemufakatan memenuhi unsur-unsur yang telah ditetapkan tersebut,” kata Ahmad Maturidi dalam sambutannya.

Sementara itu Pj. Kepala Desa Girimulya, Asep Sukardi dalam sambutannya berharap agar warga masyarakat tetap menjaga kondusifitas dan kerukunan, terlebih nuansa pemilihan sudah mulai mewarnai dinamika kehidupan ditengah masyarakat meskipun pembentukan panitia baru akan ditetapkan saat ini. Pun Asep berharap, agar perangkat desa, BPD, Lembaga Kemasyarakatan dan Tokoh Masyarakat untuk mampu menjaga netralitas dan menciptakan suasana yang tenang sehingga Girimulya yang selama ini terkenal dengan kerukunan dan adem ayem tidak terganggu kondusifitas keamanannya hanya karena pelaksanaan pilkades.

“Saya percaya warga masyarakat Girimulya sudah biasa menghadapi proses demokrasi sehingga suasana desa dan kerukunan warga akan tetap terjaga, tentu dengan kita sama-sama menyikapi Pilkades ini dengan tenang, selalu husnudzon, menjaga sikap dan terus melestarikan silaturahmi, pilkades hanyalah sebuah sarana menjemput takdir untuk Girimulya kedepannya akan mendapatkan pemimpin terbaik pilihan Alloh SWT Tuhan YME yang ditiitpkan melalui proses pemilihan suara 15 Nopember nanti, siapapun yang terpilih itu adalah pilihan bersama dan harus kita terima dengan ikhlas sambil mendoakan semoga pemimpin kedepan akan lebih amanah dan mampu membawa Girimulya jauh ke arah yang lebih baik lagi dari sekarang”, Ujarnya.

Perwakilan Panpilkades Kecamatan Cibungbulang, Erik Setiawan S.Sos dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Pembagian Wilayah Pemungutan Suara dan Penetapan Lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) ini memang harus segera mungkin mengingat tahapan awal untuk kedua hal dimaksud dan tercantum dalam Surat Edaran Bupati Bogor harus dilaksanakan mulai tanggal 26 Juli sampai dengan 9 Agustus mendatang.

“Kami disini hanya sebatas memfasilitasi saja, agar Pembentukan Panitia Pilkades ini berjalan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pamerintah. Kami berharap para panitia nantinya yang telah terpilih agar bisa melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan yang ada sehingga Pilkades nantinya dapat berjalan dengan baik., dan menambahkan apa yang disampaikan Pj Kepala Desa dan BPD, kami berharap warga masyarakat Girimulya tetap menjaga kondisi desanya untuk tetap aman dan rukun, tidak menjadi terpecah belah hanya oleh Pilkades yang sebenarnya sudah menjadi hal biasa dan bukan yang pertama sebagai bagian ikhtiar warga desa dalam memilih pemimpin terbaik yang sebenarnya telah ditetapkan Alloh SWT Tuhan YME” kata Erik. Staff pada seksi Pemerintahan Kecamatan Cibungbulang ini menambahkan bahwa pilkades pada hakekatnya adalah upaya warga masyarakat dalam menjalankan amanah undang – undang dan peraturan yang berlaku, karenanya dia berharap masyarakat dan Panitia yang akan dibentuk dapat melaksanakannya tidak keluar dari jalur yang telah diatur oleh undang-undang dan peraturan tentang pelaksanaan Pilkades.

Setelah melalui proses diskusi dan pemaparan serta penjelasan – penjelasan yang lugas dan dapat diterma serta difahami bersama, akhirnya Musdes ini menghasilkan keputusan untuk komposisi panitia Pilkades Desa Girimulya sebagai berikut:

Ketua               : M. Nurdin

Wakil Ketua     : Wihana, S,Si

Sekretaris        : Sugiyanto

Bendahara      : Dera Irawan

Anggota           : Agus Gunawan

                          Febrian Pratama

                          Prihartini

                          Ahyadi Maulana Yusuf

                          Ary Kristanto

Sementara itu, untuk Pembagian Wilayah ditentukan menjadi 3 wilayah sesuai dengan jumlah Dusun yang tersebar dalam 15 Tempat Pemungutan Suara.

Setelah kedua agenda Musdes menghasilkan keputusan, perwakilan Polsek Cibungbulang dalam hal ini Panit Bhinmas, IPDA Ceceng Sahroni, dalam sambutan dan arahanya menyatakan rasa syukur dan bangga disertai do’a semoga pelaksanan Pilkades di Girimulya akan lancar, aman kondusif sukses tanpa ekses.

“Sebagai mahluk yang beriman pada ketentuan Takdir-Nya saya yakin warga Girimulya akan menerima apapun dan siapapun nantinya yang akan terpilih menjadi pemimpin Girimulya untuk masa bakti 6 tahun yang akan datang, kita doakan semoga pilihan masyarakat nanti yang merupakan jawaban atas takdir dan ketentuan yang maha kuasa, akan mampu membawa Girimulya jauh lebih baik lagi: tegas Ceceng yang di aminkan oleh peserta musyarawarah.

Kegiatan ditutup dengan Penyaluran dan Pemberian Dana Pilkades dari APBDes sumber dana Bagian Desa dari Hasil Penerimaan Pajak dan Reribusi Daerah (BHPRD) sebesar Rp. 18.800.000,- yang diserahkan oleh Bendahara Desa, Hendri dan diterima oleh Ketua Panitia terpilih M. Nurdin, serta dilanjut dengan penandatanganan berita acara serah terima bantuan yang disaksikan seluruh hadirin. (Admin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan